cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar

5 Cara Mengemudi Mobil Agar Irit Bahan Bakar

Posted on

Menghemat BBM pada kendaraan memang menjadi sebuah isu yang krusial belakangan ini. Tidak bisa dipungkiri bahan bakar yang kita gunakan di mobil selain menambah pencemaran di udara juga tentu akan berdampak pada isi kantong kita. Lalu adakah cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar?

Selain memang dari mobil yang mesti dituntut untuk tampil prima sebelum dikendarai, namun juga pengendara (sopir) harus pula memiliki beberapa acuan agar dapat menghemat konsumsi BBM saat melajukan mobil.

Jadi kita akan membahas 2 faktor itu, faktor dari mobil dan faktor pengemudinya, sehingga terjadi sebuah langkah yang jitu dalam hal membuat mobil dapat irit BBM.

Lalu apa saja yang mesti kita sebagai pengemudi untuk diperhatikan dan cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar:

  1. Menjaga RPM mobil di angka 2000 atau 2500 ( tergantung spek mobil yang dipakai)

Angka ini memang telah diuji karena dengan putaran RPM sekitar 2000 otomatis mesin dan konsumsi bahan bakar yang dipakai dalam kondisi yang optimal.

  1. Jika RPM sudah akan melampaui angka 2000 kita wajib mengganti perseneling ke atas ( yang lebih besar)

Jangan ragu jika putaran mesin makin tinggi, suara makin mendengung dan getaran makin terasa, alangkah baiknya Anda segera mengganti perseneling agar putaran bisa stabil dan getaran menjadi berkurang.

  1. Memang cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar akan bertentangan dengan prinsip akselerasi yang cepat dan cenderung terburu-buru yang sering dilakukan sebagian besar pengemudi. Prinsip ini memang melatih pengendara untuk lebih bersabar dalam berkendara.
  2. Jika ingin mendahului, sebaiknya menjaga akselerasi agar tidak terlalu ngotot dan memperhitungkan kendaraan yang akan di salip. Pengemudi mobil sebaiknya mengambil ancang-ancang yang baik dan tidak asal injak gas sekuatnya yang tentunya berimbas pada penggunaan konsumsi BBM yang berlebihan.
  3. Cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar yang selanjutnya, jika ingin mendahului harus memastikan jalur yang berlawanan arah sudah kosong sehingga kita akan tetap dapat menjaga akselerasi mobil di RPM yang baik. Jika tidak memungkinkan sebaiknya urungkan niat untuk mendahului dan bersiap kembali jika kesempatan itu datang.

Sementara dari faktor mobil sehingga cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar ini dapat tercapai dan efisien penunjangnya adalah:

  1. Performa Mobil

Lakukan tune up secara berkala, dengan perawatan yang optimal maka performa mesin akan jadi optimal. Dengan mesin yang optimal sudah barang tentu konsumsi BBM jadi lebih hemat

  1. Penggunaan bahan bakar

Selalu gunakan bahan bakar yang berkualitas. BBM dengan nilai oktan yang tinggi sesuai dengan kebutuhan mesin mobil tentu menghasilkan pembakaran yang lebih baik. Pembakaran yang baik, tidak meninggalkan kerak dan kotoran dalam mesin. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi kendaraan Anda.

Untuk diketahui pembakaran pada mesin mobil itu terjadi dari 3 komponen yang bekerja:

  1. Adanya bahan bakar (BBM)
  2. Adanya pengapian dari busi
  3. Ketersediaan oksigen di ruang pembakaran.

Jika ketiga hal ini dijaga dengan optimal maka performa mesin juga akan baik.

  1. Penggunaan produk / alat penghemat Bahan bakar

Produk/alat  ini dapat menambah efisien cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar. Yang tujuan dari pemasangan alat ini adalah:

  • Menghemat pemakaian BBM
  • Memperbaiki pembakaran agar ramah lingkungan dengan emisi gas buang yang lebih bersih
  • Memperpanjang usia pemakaian mesin
  • Oli menjadi lebih awet
  • Busi menjadi lebih bersih sehingga menambah panjang masa penggantian.

Apakah Anda ingin mencoba cara mengemudi mobil agar irit bahan bakar seperti diatas? Semoga tips singkat ini dapat bermanfaat dan dapat Anda praktekkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *