Manfaat Beras Kencur Untuk Ibu Hamil

7 Manfaat Beras Kencur Untuk Ibu Hamil

Posted on

Jamu yang sangat populer di kalangan orang Indonesia adalah jamu beras kencur. Jamu yang terbuat dari tumbukan beras dan kencur ini mempunyai segudang manfaat yang sangat besar bagi tubuh. Namun yang jarang diketahui banyak orang bahwa beras kencur ini ternyata sangat baik bagi kesehatan ibu hamil. Beras kencur mempunyai segudang manfaat yang akan menjaga ibu hamil dari berbagai penyakit. Berikut ini adalah manfaat beras kencur untuk ibu hamil :

  1. Mengobati Batuk

Tidak jarang seorang ibu hamil yang mengalami batuk. Hal ini pasti akan sangat menyiksa, sebab ketika batuk biasanya akan membuat perut sakit. Maka dari itu, batuk ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi kencur. Manfaat beras kencur untuk ibu hamil memang tidak perlu diragukan lagi. Kencur berkhasiat untuk meredakan batuk supaya bisa segera sembuh. Anda bisa minum jamu beras kencur dengan rutin agar batuk cepat hilang. Biasanya ada banyak sekali penjual jamu beras kencur dan Anda bisa membelinya, atau ibu juga bisa mengolahnya sendiri.

Manfaat Beras Kencur Untuk Ibu HamilCara mengolah kencur sebagai ramuan untuk mengobati batuk yaitu pertama-tama siapkan beberapa rimpang kencur, kupas kulitnya lalu bersihkan. Kemudian siapkan beras dan sangrai, lalu tumbuk hingga halus. Jika sudah masukkan juga kencur yang sudah dibersihkan tadi lalu tumbuk bersamaan dengan beras yang telah halus. Tambahkan dengan air matang kemudian saring dan dapatkan airnya. Nah, ramuan jamu beras kencur untuk mengobati batuk siap diminum.

  1. Menghangatkan Tubuh

Jamu beras kencur ternyata mampu membantu menghangatkan tubuh. Tubuh yang dingin biasanya akan memicu seseorang terkena masuk angin. Masuk angin ini tidak boleh dibiarkan karena akan mengganggu aktivitas dan membuat badan menjadi lelah. Oleh sebab itu, Anda memerlukan jamu beras kencur untuk mengobatinya. Untuk ibu hamil, jamu ini aman diminum asalkan jangan berlebihan. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat hendak meminum jamu yang satu ini.

Tubuh yang hangat akan menjaga Anda dari kedinginan, sehingga aktivitas yang dilakukan pun menjadi lebih baik. Jika badan ibu sudah merasa kedinginan atau menggigil, maka minum ramuan jamu beras kencur sangat dianjurkan.

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Manfaat beras kencur untuk ibu hamil yang selanjutnya ialah mampu menjaga stamina tubuh. Aktivitas yang dijalani ibu sehari-hari seperti bekerja dan juga mengurus rumah pasti akan membuat Anda lelah, ditambah lagi sedang mengandung. Maka dari itu, khasiat dari beras kencur ternyata mampu menghilangkan kelelahan. Jika rasa lelah hilang maka Anda tidak akan mudah sakit, sehingga stamina tubuh akan selalu terjaga.

Info: Sekolah Bisnis Online Terbaik

Stamina tubuh yang baik akan membuat kondisi badan baik juga, jadi disarankan bagi ibu hamil untuk menjaga staminanya dengan cara minum jamu beras kencur. Usahakan untuk minum beberapa kali dalam seminggu sebagai suplemen tambahan secara alami bagi tubuh.

  1. Mengatasi Mata Yang Pegal

Ibu hamil yang bekerja di depan laptop tidak jarang akan membuat mata menjadi lelah. Mata yang pegal ini akan membuat aktivitas menjadi terganggu, sebab akan membuat mata mengantuk dan malas untuk melakukan aktivitas. Supaya hal ini tidak terjadi terus menerus, maka perlu diatasi dengan solusinya yakni minum jamu beras kencur. Manfaat beras kencur untuk ibu hamil ini secara alami akan membantu mengatasi mata yang pegal.

  1. Mengobati Perut Yang Mulas

Perut yang mulas memang sangat menyiksa, mungkin bisa diakibatkan karena salah makan atau lain sebagainya. Perut mulas kadang juga bisa melanda seorang ibu hamil, dan hal ini tentunya akan membuat sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, maka ibu bisa minum jamu beras kencur.

Cara mengolah kencur menjadi obat penghilang mulas yaitu siapkan satu rimpang kencur. Selanjutnya kupas kulitnya dan cuci hingga bersih. Jika sudah, parut kencur tadi kemudian masukkan dua sendok makan air yang matang. Masukkan juga sedikit gara ke dalamnya. Saringlah campuran air kencur tersebut dan ambillah air saringannya. Minum ramuan kencur ini 2 sampai 3 kali sehari agar perut yang mulas segera reda.

Free Tutorial SB1M

  1. Mengobati Sakit Kepala

Manfaat beras kencur untuk ibu hamil ternyata bisa meredakan sakit kepala. Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan dimana saja. Ibu hamil bisa terkena sakit kepala yang akan membuat aktivitas menjadi tidak lancar. Oleh sebab itu, atasi sakit kepala ini dengan minum ramuan beras kencur. Maka sakit kepala akan segera hilang.

  1. Melangsingkan Tubuh

Setelah melahirkan, tentunya bobot ibu masih di atas normal atau berat badan saat hamil. Tidak jarang ibu yang ingin cepat-cepat menurunkan bobot tubuhnya. Namun tahukah Anda selain untuk mengobati berbagai masalah pada tubuh di atas, ternyata beras kencur mampu membantu melangsingkan tubuh ibu pasca melahirkan. Ini tentunya menjadi kabar baik bagi Anda semuanya karena terdapat solusi yang sangat gampang untuk melangsingkan tubuh, yaitu hanya dengan minum jamu beras kencur.

Usahakan untuk minum jamu beras kencur secara rutin, ibu bisa meminumnya dua atau tiga kali dalam satu minggu. Dengan cara ini maka tubuh yang gemuk atau bobot yang berat bisa segera turun.

Cukup banyak bukan manfaat beras kencur untuk ibu hamil? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *