ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol

7 Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh

Posted on

Kolesterol tinggi memang menjadi masalah yang sering mengancam kesehatan masyarakat di dunia. Bahkan di Indonesia saja orang dewasa di usia pertengahan sudah banyak yang terjangkit kolesterol tinggi. Hal ini terjadi bukan karena suatu kebetulan, melainkan gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Lalu, adakah ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang alami?

Kolesterol yang tinggi merupakan pemicu terjadinya diabetes, penyakit jantung, kanker, dan obesitas. Maka dari itu, meningkatkan kesehatan agar tidak memiliki kolesterol yang tinggi sangatlah penting. Selain melakukan pola hidup sehat, Anda juga memerlukan ramuan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Bagi Anda yang sudah penasaran dengan apa saja ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol, berikut adalah infonya.

  1. Air Ketumbar

Ketumbar adalah bumbu yang sering dipakai untuk meningkatkan aroma masakan agar lebih sedap. Ketumbar juga mengandung bahan alami yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dengan cara menurunkan LDL berlebihan di dalam tubuh. Selain itu, ketumbar juga dapat melancarkan proses penyerapan gula tubuh sehingga akan menurunkan risiko diabetes.

Cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dari air ketumbar ialah siapkan 2 sendok ketumbar dan masaklah bersama satu gelas air sampai mendidih. Kemudian saring dan dinginkan airnya, minumlah pada pagi dan sore hari. Supaya lebih nikmat, Anda bisa menambahkan madu saat akan meminumnya.

  1. Jus Jeruk

Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol kedua adalah jeruk. Semua jenis jeruk ternyata bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol tubuh. Jus jeruk mampu menurunkan kolesterol karena mengandung Vitamin C, flavonoid, dan folat. Tidak hanya itu saja, kandungan fitosterolnya mampu menurunkan LDL sebesar 12 persen.

Akan tetapi agar khasiatnya berjalan dengan baik, sebaiknya jangan menambahkan apapun ke dalam jus jeruk seperti gula. Cara mengonsumsinya ialah cukup minum jus jeruk tiga kali sehari secara rutin setiap hari.

  1. Bawang Merah

Bawang merah merupakan bumbu wajib yang harus ada di setiap masakan orang Indonesia. Selain bermanfaat sebagai bumbu, bawang merah ternyata juga bermanfaat sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol. Bumbu tradisional yang satu ini sudah menjadi obat penurun kolesterol sejak zaman dahulu di China dan Hongkong.

Kandungan flavonoid yang ada di dalamnya akan menurunkan LDL serta meningkatkan kolesterol baik. Bawang merah juga mengandung quercetin yang juga bisa meningkatkan kolesterol baik.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah penyedap alami yang selalu digunakan di dalam masakan. Untuk Anda yang ingin menurunkan kolesterol jahat, maka bisa mengonsumsi satu siung bawang putih setiap harinya.

Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang satu ini memang sangat ampuh dalam membantu menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu saja, bawang putih ternyata juga bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit seperti kanker.

  1. Oatmeal

Kebiasaan orang Indonesia yang suka makan berat memang dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Jika tidak diimbangi dengan hidup sehat, maka kadar kolesterol akan bertumpuk. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol bisa mengganti konsumsi nasi ke oatmeal.

Oatmeal adalah makanan alami yang terbuat dari gandum. Makanan ini mengandung serat yang bisa larut dalam beta glukan dan cairan. Keduanya inilah yang akan membantu menurunkan kadar lemak dan juga kolesterol di dalam tubuh.

Anda bisa juga menyimak: Apa Saja Sih Persiapan Bayi Tabung Supaya Berhasil

Cara mengolah oatmeal yaitu masak empat sendok oatmeal bersama dengan air hangat sampai jadi bubur. Anda juga bisa menambahkan irisan stroberi, pisang, kacang kenari, dan kacang almond atau buah kesukaan lainnya.

  1. Mengonsumsi Virgin Coconut Oil atau VCO

Virgin Coconut Oil atau VCO ialah jenis kelapa murni yang diolah secara modern. Minyak diperoleh dengan cara mengambil ekstrak murni kelapa. Minyak ini berbeda dengan minyak kelapa lainnya yang digunakan untuk memasak. Virgin Coconut Oil atau VCO yang bagus mempunyai aroma kelapa kuat, tidak berwarna, rasa kelapa yang kuat, dan jernih.

Kandungan yang ada di dalam Virgin Coconut Oil atau VCO dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Cara menggunakan Virgin Coconut Oil atau VCO sebagai ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan cara memasukkan beberapa sendok minyak tersebut ke dalam salad atau masakan lainnya. Selain itu Anda juga meminumnya rutin setiap pagi sebanyak 1 sampai 2 sendok.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah ramuan yang biasanya dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit. Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol sudah dipercaya dari dahulu oleh masyarakat Indonesia. Obat ini juga sangat cocok untuk mengatasi kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Akan tetapi untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya untuk batasi mengonsumsi sari cuka ini. Cara mengonsumsi cuka sari apel untuk menurunkan kolesterol yaitu cukup minum satu sendok teh dengan segelas air hangat. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal minumlah setiap hari selama 40 hari.

Itulah beberapa ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang dapat Anda minum guna menjaga tubuh dari kolesterol tinggi. Minumlah secara rutin supaya hasilnya lebih efektif.

Selamat mencoba di rumah .. semoga makin sehat ..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *