Solusi Mengatasi Pengapuran Tulang

Apa Saja Tanda Pengapuran Tulang dan Solusi Mengatasinya

Posted on

Dalam dunia medis pengapuran tulang dan sendi sering disebut sebagai osteoarthritis. Pengapuran tulang ini terjadi karena karena adanya kerusakan pada tulang rawan di ujung persendian yang banyak diakibatkan oleh faktor usia dan seringnya membawa beban yang terlalu berat.

Ujung tulang, yang biasa disebut tulang rawan menutupi tulang sehingga memiliki struktur yang licin. Hal ini berfungsi agar persendian kita dapat bergerak bebas satu dengan lainnya. Tulang rawan akan rusak karena adanya keausan persendian. Bila tidak diatasi, tulang rawan juga akan menipis dan habis.

Ditambah karena adanya pengapuran tulang, struktur yang tadinya licin berubah menjadi sangat keras. Tentunya dengan perubahan struktur ini, tulang menjadi saling beradu satu dengan yang lainnya. Dan proses ini sering menyebabkan adanya: timbulnya rasa sakit jika bergerak, adanya kekakuan dari sendi kita sehingga susah digerakkan, rentang gerakan persendian kita menjadi sangat terbatas dan seringkali menimbulkan perubahan penampilan pada permukaan tulang dan sendi yang terjadi pengapuran tulang.

Perbedaan Antara Pengapuran Tulang dan Pengeroposan Tulang

Kebanyakan orang awam terkadang salah kaprah dalam mencermati kedua masalah kesehatan tulang diatas. Nah, walaupun keduanya sepertinya mirip tapi jika mereka tidak bisa membedakannya, maka dapat menyebabkan kesalahan dalam penanganannya.

Perbedaan pengapuran tulang (ostheoarthritis) dan pengeroposan tulang (ostheoporosis) secara mencolok terletak pada bagian tulang yang diserang. Sebagai perbandingan pengapuran sendi biasanya menyerang persendian tulang seseorang. Sementara pengeroposan menyerang tulang tubuh secara keseluruhan, sehingga massa tulangnya terjadi penyusutan.

Akibat dari berkurangnya massa pada tulang, tulang menjadi kurang padat. Hal ini dapat menyebabkan tulang tidak kuat menahan beban. Benturan dan beban yang sedikit berat akan dapat menyebabkan tulang menjadi patah.

Terjadinya Pengapuran Tulang

Tanda-tanda Terjadinya Pengapuran Tulang dan Sendi

  1. Adanya rasa sakit saat ada terjadi gerakan. Jika pengapuran terjadi di sekitar lutut, maka biasanya muncul rasa nyeri di kala berjalan
  2. Adanya bunyi yang terjadi di sekitar persendian. Bunyi ini dapat terjadi karena adanya gejala tulang yang mulai beradu
  3.  Terjadi pembengkakan dan kekakuan pada persendian. Hal ini terjadi karena adanya peradangan  pada persendian, ini diakibatkan karena kerusakan sendi yang semakin parah.
  4. Kehilangan fleksibilitas dalam gerakan dikarenakan setiap akan bergerak persendian terasa sakit

Lalu Apa saja Cara Mengatasi Pengapuran Tulang yang Efektif

  1. Biasanya pengapuran tulang dan sendi diakibatkan karena tulang harus menahan berat yang terlalu besar. Untuk oran yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih, solusi yang efektif adalah mengurangi berat badannya, sehingga ini mengurangi tekanan yang berat yang terjadi pada persendian.
  2. Berolahraga, adalah faktor lain yang dapat mengurangi pengapuran tulang. Olahraga akan membantu menguatkan otot-otot disekitar sendi yang terjadi pengapuran. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat menekan persendian. Sehingga akan berdampak stabilnya persendian dan mengurangi dampak pengapuran.
  3. Menggunakan Krim / Gel Pereda Rasa Sakit. Jika mulai terasa nyeri di persendian, gunakan krim pereda sakit ini, untuk mengurangi sakitnya.
  4. Jika Pengapuran Sendi dan Tulang sudah parah, sebaiknya mengggunakan alat bantu saat bergerak agar dapat membantu mobilitas dan keamanan saat beraktifitas.

One thought on “Apa Saja Tanda Pengapuran Tulang dan Solusi Mengatasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *