Cara Cek Ongkir

Bagaimana Cara Cek Ongkir Paling Mudah dan Cepat

Posted on

Pelaku usaha online makin hari makin banyak dan makin berkembang, hampir kebanyakan orang kini lebih menyukai berbelanja online daripada harus capek-capek datang ke toko. Lalu, bagaimana cara cek ongkir paling mudah dan cepat yang direkomendasikan?

Ongkos Kirim atau ongkir memang sudah bukan hal tabu lagi untuk online shopper, kadang pula ongkir yang mahal bukan lagi menjadi halangan untuk berbelanja asalkan barang yang dibeli stoknya ada dan sesuai dengan deskripsi dari lapak online.

Karena Indonesia terdiri dari ribuan pulau, ongkos logistik menjadi sebuah variabel penting dalam dunia perdagangan. Terutama kini para pelaku online shop sudah pasti akan menggunakan jasa ekspedisi yang paling murah dan cepat untuk mengirim produk mereka.

Permasalahannya adalah bagaimana cara cek ongkir paling mudah dan cepat? Sebetulnya cek ongkir itu hal yang mudah dan bisa dilakukan setiap orang asal tau caranya. Dahulu jika kita akan mengirim sesuatu, perlu kita tau terlebih dahulu ekspedisi tujuan, setelah itu baru kita angkat telepon dan bertanya kepada costumer servicenya. Halo, jika saya mau kirim dari A tujuan B, berapa ongkirnya?

Tutorial Cara Cek Ongkir yang mudah

Kini hal itu sudah kuno dan jarang dilakukan lagi. Ada cara yang lebih update bagaimana cara cek ongkir paling mudah dan cepat. Yuk kita ikuti caranya ya .. langkah ini bisa tidak berurutan akan tetapi prinsipnya hampir sama. Yang perlu anda ketahui datanya adalah:bagaimana cara cek ongkir paling mudah dan cepat

  1. Kota Asal Pengirim, Kecamatan + Kode Pos (beberapa aplikasi mengharuskan ada data ini)
  2. Kota Tujuan Kiriman, Kecamatan + Kode pos (beberapa aplikasi mengharuskan ada data ini)
  3. Berat barang yang dikirim
  4. Ukuran volume barang, Panjang x Lebar x Tinggi (jika barang Anda ringan namun punya volume besar)

Setelah Anda memiliki data itu kini Anda  bisa memilih mau menggunakan ekspedisi apa? Beberapa ekspedisi yang populer digunakan adalah JNE, Pos Indonesia, Tiki, Wahana, JnT dan masih banyak lagi semua tergantung Anda, sesuaikan saja dengan kebiasaan.

Dari data itu, sekarang kita akan buat contoh agar Anda jadi lebih paham. Data itu seperti ini contohnya:

  1. Kota asal: Surabaya, kecamatan Bubutan kodepos 60174
  2. Kota tujuan: Bandung Barat, Kecamatan Parongpong Kodepos 40559
  3. Berat barang: 3kg
  4. Ukuran: Panjang 40cm x 20cm x 50cm

Langkah selanjutnya adalah Anda bisa memasukkan data itu ke dalam sebuah aplikasi

  1. Buka: http://cektarif.com/
  2. Pilih ekspedisi yang ingin Anda gunakan

bagaimana cara cek ongkir paling mudahPada aplikasi cektarif ada beberapa ekspedisi yang disediakan, antara lain: JNE, POS, Tiki, Wahana, JnT, Si Cepat, Lion Parcel, Pandu logistik, Pahala Ekspress, RP, EMS dll

  1. Isi data yang ada di kolom selengkap mungkin, sesuai yang diminta
  2. Klik Tombol “Cek Tarif”
  3. Tunggu beberapa saat maka akan muncul hasilnya, biaya ekspedisi dan layanan yang digunakan.

Kini Anda tidak perlu lagi bertanya, bagaimana cara cek ongkir paling mud ah dan cepat. Karena dengan banyaknya aplikasi yang tersebar di internet sangat membantu dan akan memudahkan pekerjaan kita. Terutama untuk Anda yang memiliki toko online ataupun usaha dibidang online lainnya yang sering menggunakan jasa ekspedisi.

Yang perlu Anda  lakukan adalah mencari aplikasi yang layanannya baik dan harga yang di tampilkan valid sesuai di ekspedisi yang bersangkutan. Dengan begitu cek ongkir jadi mudah dan cepat bukan?

Dan jika kamu ingin omzet bisnismu meningkat, bisa belajar dari tutorial ini karena gratis dan sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *