bisnis sampingan karyawan

Macam-macam Bisnis Sampingan Karyawan Yang Menghasilkan

Posted on

Karena tuntutan aneka macam kebutuhan hidup banyak pegawai ingin juga bisa memiliki usaha. Namun pertanyaan yang sering ada di benak mereka adalah apa saja bisnis sampingan karyawan yang cocok untuk dikerjakan?

Mencari peluang usaha sampingan karyawan memang sebetulnya sangat banyak, tetapi terkadang terkendala dengan berbagai macam hal yang berhubungan dengan pekerjaan utama, misalnya:

  1. Jam kerja.

Beberapa karyawan memiliki jam kerja yang fix, yaitu datang jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore. Namun ada juga karyawan yang memiliki jam kerja shift, dan setiap periode tertentu akan berganti shift. Shift pagi, shift siang dan shift malam.

Kondisi jam kerja ini tentu harus pandai-pandai menyesuaikan jenis bisnis sampingan karyawan yang akan ditekuni.

  1. Jam pulang.

Jam pulang kerja, juga adalah kondisi yang terkadang berlainan tiap karyawan. Ada yang fix, tiap bel berbunyi tentu sudah waktunya untuk pulang. Tapi ada juga yang tidak seperti itu, terkadang ada yang harus lembur hingga pekerjaan selesai.

Ada juga yang harus bertugas di luar kota atau luar pulau, dimana jam kerjanya tidak menentu. Jam kerja yang bervariasi mengharuskan Anda juga cerdik memilih peluang usaha sampingan karyawan yang dapat dijalankan.

  1. Bidang pekerjaan utama.

Maksudnya adalah ada yang kerja kantoran, ada yang sebagai marketing lapangan, ada yang di bagian produksi, ada pula dibagian event, kreatif dll. Jika ingin mencari bisnis sampingan karyawan yang tidak bentrok dengan pekerjaan utama. Sehingga masih sempat dikerjakan disela-sela atau sesudah jam kerja selesai.

  1. Kegiatan setelah pulang kerja.

Beberapa karyawan kegiatan sepulang kerja kemungkinan juga padat. Misal harus ada waktu berkualitas dengan anak dan keluarga, ada yang rumahnya jauh sehingga butuh waktu perjalanan yang panjang, ada yang masih mengurusi kegiatan sosial kemasyarakatan dll

Tentu pemilihan peluang usaha sampingan karyawan ini perlu cermat, agar tetap bisa optimal dan menghasilkan.

Lalu, Apa Saja Bisnis Sampingan Karyawan Yang Bisa Anda Lakukan di Era Digital

Tentu ada banyak sekali sebenarnya peluang usaha sampingan karyawan yang sering Anda lihat, namun di era teknologi seperti sekarang, kita perlu cerdik memilih bisnis agar waktu dan tenaga kita dapat kita lipat gandakan dengan memanfaatkan kecanggihan internet. Ini beberapa macam-macam usaha sampingan yang bisa Anda mulai:

  1. Mulai menjadi dropshipper online.

Dropshiper adalah mempromosikan produk milik vendor tanpa harus terlibat di dalam operasional. Contohnya jual barang dari tokopedia lewat instagram. Ketika ada orang yang berminat membeli produk, Anda tugasnya order ke penjual di tokopedia untuk mengirimkan ke pelanggan Anda, tentu dengan nama Anda. Selisih dari harga itulah profit Anda.

Menjadi dropshiper enaknya Anda tidak perlu lagi memiliki stok barang dan tidak terlibat dalam urusan pengiriman, pengemasan dll. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari calon pembeli saja dan memfollow up agar transaksi bisa terjadi.

  1. Usaha kuliner online.

Ini juga salah usaha kekinian yang juga dapat dilakukan karyawan. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang kuliner, misalnya memasak, membuat kue, catering dll. Anda kini tidak perlu lagi memuka depot atau rumah makan, cukup Anda membuka Pre-order lewat sosial media atau mendaftarkan usaha Anda lewat aplikasi online.

Ini bisnis sampingan karyawan yang cukup menghasilkan lho. Asalkan Anda konsisten untuk rutin melakukan promosi dan menjaga kualitas produk Anda, tentu pundi-pundi rupiah akan mengalir lancar kedalam rekening Anda.

  1. Mempromosikan Affiliasi.

Menjadi affiliate bisa jadi macam-macam usaha sampingan yang dapat Anda tekuni, karena bisnis ini tidak terlaluterantung waktu dan tempat. Anda dapat melakukannya dimana saja, asalkan ada koneksi Internet.

Affiliasi adalah mempromosikan produk milik orang lain (vendor) dan ketika terjadi transaksi, Anda akan diberikan sejumlah komisi tertentu sebagai imbalan. Besarnya komisi tentu bergantung dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Semakin susah biasanya komisinya akan semakin banyak.

Ini beberapa macam affiliasi yang menghasilkan:

  1. Menjadi penulis atau blogger.

Jika Anda memiliki passion tentang menulis, blogger bisa jadi sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan lho. Bahkan ini dapat Anda lakukan secara part time disaat waktu senggang Anda sebagai usaha sampingan di rumah.

Karena diluaran sana, orang juga seringkali mencari informasi. Nah, jika Anda memahami suatu bidang, Anda bisa saja membuat ulasan tentang bidang yang Anda kuasai… apapun itu. Misalnya: tentang travelling, hobi memasak, trik fotografi, beternak, budidaya tanaman, berkebun, tutorial internet marketing, kecantikan, cerita fiksi, bahkan sampai cara menaiki roller coster.

Semakin menarik ulasan Anda, maka pembaca blog Anda akan betah berlama-lama di website Anda. Mereka juga akan menunggu tulisan-tulisan Anda berikutnya. Setelah trafik blog Anda banyak, Anda dapat memonetisasi (membuat jadi duit) blog itu. Caranya dengan memasangi iklan, mereview produk yang related dengan blog Anda. Atau bahkan Anda bisa diundang jadi bintang tamu dan pembicara di forum atau talkshow .. enak kan?

  1. Membuka toko online.

Jika Anda suka berjualan, nggak ada salahnya membuka toko online dengan menjual barang yang sedang diinginkan netizen. Anda bisa memajang display di toko Anda kemudian tulislah deskripsi produk yang lengkap, agar calon pembeli tidak lagi banyak bertanya dan malah ragu-ragu terhadap produk Anda.

Usaha sampingan di rumah tanpa Anda menggangu pekerjaan utama Anda sebagai karyawan. Ini dapat Anda kerjakan sepulang kantor atau saat jam istirahat tiba. Lama-kelamaan tentu akan memberikan penghasilan yang signifikan jika Anda kerjakan dengan tekun.

Kelima bisnis sampingan karyawan di atas bisa Anda pilih yang sesuai dengan minat dan kondisi pekerjaan Anda di kantor. Dan yang penting Anda harus bijak mengatur waktu agar tidak ada yang dirugikan. Setelah macam-macam usaha sampingan itu menghasilkan, sekarang tinggal diputuskan saja, mau tetap bekarja di kantor atau mau membesarkan usaha sampingan Anda ..

Salam entrepreneur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *