Cara Mudah Membawa Drone saat Traveling

Cara Mudah Membawa Drone saat Traveling

Posted on

Tahukah Anda dengan semakin terjangkaunya harga drone oleh sebagian orang. Kini banyak orang senang menggunakan drone saat bepergian. Drone memiliki kelebihan lain dibanding smartpone atau kamera saat mengambil gambar atau video. Namun apakah Anda paham cara mudah membawa drone saat traveling?

Tidak dipungkiri dengan gencarnya promosi destinasi wisata di Indonesia juga didukung oleh banyaknya promo tiket murah. Membuat banyak orang kini selalu memasukkan traveling atau jalan – jalan kedalam list bucket jadwal mereka saat libur.

Nah, momen traveling semacam ini nggak mungkin donk dilewatkan tanpa dokumentasi yang bagus. Sayang sekali, sudah jauh – jauh tapi kenangan itu hilang begitu saja. Beberapa tahun lalu untuk mengabadikan momen, cukup menggunakan kamera
atau HP.Namun kini jaman mulai bergeser, traveler drone sudah menjadi barang wajib yang dibawa saat traveling.

Tips Bepergian membawa Drone

Untuk Anda yang mungkin belum pernah bepergian membawa drone, ada baiknya baca sampai selesai informasi disini. Sering kali orang bertanya:

Apa diperbolehkan membawa drone di pesawat?

Bagaimana cara yang aman membawa drone?

Jika naik pesawat prosedur apa saja yang mesti diperhatikan saat membawa drone?

Tips apa saja yang perlu diperhatikan saat menerbangkan drone?

Peraturan Kementrian Perhubungan untuk Penggunaan Pesawat Tanpa Awak

Oke kita mulai dari membaca dan cermati satu persatu peraturan Kementrian Perhubungan RI yang berkaitan dengan drone, agar perjalanan traveling Anda nyaman dan selamat.

Jika sudah yuk lanjut ya…
Beberapa merk drone juga telah mengeluarkan anjuran dan peringatan tertentu saat menggunakan drone, Anda mesti membaca dan mencermatinya, Seperti DJI Flysafe .

Cara Mudah Membawa Drone saat Traveling dan dalam Pesawat

    1. Pilihlah Jenis Drone yang sesuai dengan kegiatan Anda – Merk drone yang beredar dan dijual bebas dipasaran ada banyak, dari yang sekedar untuk selfie sampai dengan yang untuk para profesional. Dengan memiliki drone, Anda juga sudah dituntut untuk bertanggung jawab atas keselamatan orang lain disekitar Anda. Karena menerbangkan drone bisa membahayakan bagi orang lain.
      Oleh karena itu disarankan untuk memilih merk drone yang sudah teruji akan keselamatan dan keamanannya. Beberapa merk kenamaan seperti DJI sudah dilengkapi fitur keamanan saat menerbangkan.
      Anda dapat memilih drone yang ringan jika hanya untuk traveling. Drone yang canggih dan biasanya untuk para profesional memang memiliki berat dan volume yang cukup merepotkan. Salah memilih drone, bisa-bisa Anda ngga jadi traveling karena malah kerepotan.
      Membawa drone pasti juga membawa keluarganya, misalnya: baterai cadangan, charger, kabel, aksesoris lainnya. Barang- barang ini juga membutuhkan space dalam tas Anda. Jadi, sarannya pilih drone yang praktis untuk disesuaikan dengan kegiatan Anda.
    2. Berlatihlah dan kuasai dahulu cara menerbangkan Drone Anda – Sebelum Anda membawa traveling drone Anda. Anda disarankan untuk berlatih menerbangkan drone yang akan Anda bawa.
      Dalam hal ini Anda mesti sudah cakap dalam skill sebagai pilot drone. Anda perlu menguasainya sampai mahir, jika ada keadaan yang tidak terduga, Anda dapat cepat menguasainya. Jangan sampai Anda belum mengetahui sama sekali, dan malah belajar saat pertama kali Anda traveling, ini sangat berbahaya!
      Di beberapa negara, ada yang memiliki larangan ketat saat menerbangkan drone. Anda perlu tau itu, agar Anda tidak berurusan dengan aparat setempat. Pelajari aturan negara yang Anda kunjungi. Beberapa drone ternama, seperti DJI juga sudah punya fitur yang tidak dapat terbang di area terlarang.
      Ada baiknya Anda juga meminta ijin terlebih dahulu kepada penduduk setempat, karena Anda bisa dituduh melanggar privacy dan diciduk aparat. Jadi jangan samakan dengan budaya Indonesia.
    3. JANGAN simpan Drone Anda di bagasi – Cara Mudah Membawa Drone saat Traveling dengan menyimpan dan membawa drone Anda ke dalam kabin pesawat. Selain aman, drone juga selalu dalam pengawasan Anda. Karena baterai dan perangkat elektronik yang cukup rawan terbakar. Jika dalam pengawasan, tentu akan mudah penanganan dan untuk keselamatan Anda sendiri serta penumpang lainnya.
      Jika disimpan di kabin rawan maling dan repotnya saat berurusan dengan pihak bandara jika harus membongkar bagasi untuk dilakukan cek. Tentu akan membuang waktu dan merugikan banyak orang.
    4. menyimpan baterai li-po safebag
      li-po safebag

      PASTIKAN baterai drone sudah kosong – Anda perlu mengosongkan atau menguras semua baterai termasuk baterai cadangan. Cara yang paling mudah adalah sehari sebelumnya pasangkan baterai pada drone Anda dan nyalakan terus hingga kehabisan daya. Baru kemudian Anda bisa menyimpannya.

    5. PASTIKAN Baterai tidak terpasang (terpisah) dari drone – Dengan memisahkan baterai satu dengan yang lain akan menghindari konsleting dan benturan yang dapat menimbulkan bahaya. Ini juga dimaksudkan agar Anda nggak perlu lagi repot-repot berurusan dengan pihak bandara nantinya.
    6. Gunakan Li-Po Safebag untuk pelindung baterai – Tas khusus semacam ini banyak dijual dipasaran. Fungsinya adalah untuk menyimpan baterai Li-po. Banyak maskapai juga mewajibkan penggunaan li-po safebag semacam ini. Ini memudahkan Anda jika pihak bandara dan maskapai akan melakukan treatment khusus untuk barang ini, maka akan lebih gampang. Karena baggage handling pada setiap maskapai tentu tidak sama.

Semoga Cara Mudah Membawa Drone saat Traveling ini makin memudahkan Anda dalam perjalanan dan liburan Anda. Sehingga Anda dapat mengabadikan setiap momen yang Anda dapatkan jadi lebih maksimal .. Selamat traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *