cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur

Ini Lho 6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Ngompol Saat Tidur

Posted on

Kebiasaan mengompol pada malam hari pada anak-anak adalah hal yang wajar dan lumrah terjadi dimana saja. Nocturnal Enuresis adalah istilah atau bahasa kedokteran untuk mengompol, wajar terjadi untuk anak-anak yang belum diajarkan pipis di toilet atau pispot saat tidur. Lalu adakah cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur yang efektif?

Kebanyakan orang tua jaman now memang sering membiarkan saja perilaku seperti ini, terlebih karena banyak orang tua yang mungkin karena berbagai alasan tidak mau / malas terbangun di malam hari untuk mengantarkan anak ke toilet.

Pola dan perilaku mengompol memang sangat erat hubungannya dengan mengajari si kecil untuk melatih kandung kemihnya agar saat penuh, ‘alarm’ dalam otaknya memberikan notifikasi agar segera membuangnya ke toilet.

Kebanyakan orang tua menyepelekan hal ini dan menyerahkan kebiasaan ini kepada popok instan yang dijual bebas di pasaran. Memang tidak salah sih .. karena ingin praktis dan tidak repot alasan itu dapat dimaklumi.

Namun jika kebiasaan dan pola mengompol ini terus berlanjut hingga si anak menginjak masuk sekolah tentu akan mengganggu dan lebih susah untuk mengajarinya untuk tidak mengompol saat tidur. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur yang dapat mulai agar anak berhenti mengompol? Kita mesti mengetahui dahulu apa saja penyebabnya.

Penyebab Anak Kecil Mengompol pada Malam Hari

Ada beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab anak mengompol saat tidur, antara lain:

  1. Anak Kecil belum terlatih menahan buang air saat tidur malam.

Sudah wajar tentunya anak kecil belum dapat menahan buang air kecil karena kandung kemihnya saat penuh, maka secara otomatis akan segera dilepaskan dan terjadi ngompol. Sehingga cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur adalah melatih anak agar dapat mengendalikan diri saat ingin pipis.

  1. Terlalu banyak minum beberapa saat sebelum tidur.

Hal ini juga jadi faktor yang potensial mengompol saat malam hari. Jika minum terlalu banyak sementara aktifitasnya sedikit, maka produksi urin juga akan meningkat jumlahnya. Hal ini tentu menyebabkan kandung kemih akan dengan cepat terisi penuh.

  1. Anak belum terlatih untuk bangun saat tidur untuk pipis.

Saat tidur anak sangat lelap, tentu syaraf –syaraf juga akan beristirahat, oleh karena itu jika kandung kemih telah penuh maka ‘alarm’ dalam otaknya tidak berbunyi sehingga seketika juga si kecil akan mengompol.

  1. Jumlah hormon vasopresin atau Antidiuretic Aormone (ADH) berlebih.

Hormon ini bekerja untuk memberitahu ginjal untuk mengurangi jumlah produksi urin. Jika malam hari produksi hormon ADH banyak maka volume air kemih juga meningkat.

  1. Peran orang tua untuk mengedukasi anak buang air di toilet yang kurang.

Kadang sepele namun banyak yang acuh dengan cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur, orang tua tentu harus dengan sabar dan telaten untuk memberi edukasi ke anak agar terlatih dan tidak mengompol.

Terapi untuk Mengatasi Kebiasaan Anak Mengompol saat Tidur

Terapi sederhana dapat banyak membantu anak untuk tidak lagi mengompol, namun terapi tidak hanya dilakukan 1-2 hari langsung akan terlihat hasilnya. Terapi tentu butuh waktu dan evalusi berkala hingga tujuan akhirnya dapat tercapai yaitu anak dapat dengan sadar buang air kecil sendiri tanpa mengompol. Ini beberapa contohnya:

  1. 15 menit sebelum tidur biasakan pipis dahulu.

Buang air sebelum tidur tentu sangat efektif untuk mengurangi dan mengosongkan isi kandung kemih sehingga saat malam hari anak tidak lagi mengompol.

  1. Mengurangi minum sesaat sebelum tidur.

Cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur berikutnya adalah mengurangi konsumsi air sesaat sebelum tidur. Dengan begitu produksi urin pada anak juga dapat berkurang saat malam hari.

  1. Biasakan tidak lagi menggunakan popok saat tidur.

Dengan pemakaian popok saat malam si kecil tentu tidak akan sadar jika dia mengompol di kasur. Untuk itu sebagai orang tua Anda perlu membiarkan saja si kecil tidur tanpa popok. Jikalau dia ngompol di kasur, dia akan juga belajar bahwa tidur diatas ompolnya sendiri tentu tidak nyaman.

  1. Bangunkan anak berkala untuk pipis.

Butuh usaha memang untuk membangunkan anak secara berkala pada malam hari. Namum ini adalah terapi cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur yang powerful. Dengan sering dibangunkan dan pipis di toilet maka si kecil juga suatu saat akan terlatih untuk buang air sendiri di toilet.

  1. Tidak perlu memarahi anak saat mengompol.

Ini hal yang tabu dilakukan saat Anda menjalankan terapi mengompol ke anak, karena memarahi anak hanya semakin membuat anak takut. Cukup berikan nasihat dan dukungan bahwa dia bisa melakukannya. Tidak perlu pula membanding-bandaingkannya dengan temannya atau saudaranya yang lain yang sudah tidak mengompol.

  1. Berikan sugesti rutin dan berulang.

Bacakan dan ulang beberapa kali (5-10x) sugesti ini sebelum anak tidur

“Nanti jika (nama anak) ingin pipis,

(nama anak) buka mata,

bangunkan mama

dan bilang ‘ma (nama anak) ingin pipis’

tar pipisnya di toilet ya”

Awalnya Anda perlu membacakan pada anak, setelah beberapa kali anak diminta untuk mengikuti kata-kata Anda. Hingga si kecil akan hafal menyebutkan sugensti ini dengan sendirinya. Dengan dia hafal maka program yang kita tanam ke pikiran bawah sadarnya akan bekerja saat anak kebelet pipis.

Lakukan evaluasi dan berbicaralah dengan anak jika ada kendala saat terapi ini dilakukan.  Suatu saat si kecil akan sudah berhenti mengompol mungkin Anda dapat membeikan sebuah hadiah untuk dia. Karena cara mengatasi anak yang suka ngompol saat tidur ini akan berjalan efektif dengan kerjasama anak dan orang tuanya….

Selamat mencoba ..

2 thoughts on “Ini Lho 6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Ngompol Saat Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *