penanganan stroke pertama kali

Inilah Penanganan Stroke Pertama Kali yang Harus Anda Lakukan

Posted on

Stroke merupakan keadaan dimana pasokan darah terputus ke otak karena terjadi penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah, kemudian terjadilah kematian sel pada daerah otak. Saat pasokan darah yang mengalirkan oksigen serta nutrisi ke otak terputus, maka sel otak akan mati. Oleh sebab itu, penderita yang mengalami hal ini harus cepat-cepat ditangani agar tidak terjadi hal yang fatal. Lalu tindakan apa saja untuk penanganan stroke pertama kali yang dapat Anda lakukan?

Sebelum kita beranjak lebih dalam, ada baiknya Anda tahu informasi mengapa stroke terjadi dan adapun beberapa gejala stroke antara lain :

  • Kelumpuhan pada lengan penderita dan tidak mampu mengangkat kedua tangannya
  • Salah satu mulut dan mata terlihat turun
  • Cara berbicara penderita kacau dan bahkan ada yang sama sekali tidak bisa bicara

Penyebab Stroke

Jenis penyebab strokeBeberapa jenis stroke dapat dilihat dari penyebabnya, yaitu stroke hemoragik dan stroke iskemik. Stroke hemoragik terjadi apabila pembuluh darah yang menuju otak pecah. Sedangkan stroke iskemik adalah stroke yang terjadi karena adanya gumpalan darah sehingga pasokan darah terhenti.

Ada juga yang dikenal dengan TIA atau Transient Ischemic Attack (stroke ringan). TIA bisa terjadi saat pasokan darah menuju otak mengalami gangguan, umumnya diawali dengan gejala sakit kepala atau pusing, kesulitan bicara, lemas, dan penglihatan ganda. Walaupun gejalanya hanya sesaat, namun ini harus ditangani dengan tepat. Sebab TIA ini merupakan tanda stroke berat.

Ketika seseorang mengalami stroke mendadak atau sedang kumat, maka butuh penanganan yang cepat dan tepat. Jika tidak maka penderita bisa mengalami kelumpuhan bahkan kematian.

Penanganan Serangan Stroke Pertama Kali

Untuk penanganan stroke pertama kali yang efektif, apa sajakah tindakan yang mesti Anda lakukan.

  1. Penderita Jangan Dipindahkan

Apabila Anda memindahkan penderita dari tempat awal, saat penanganan stroke pertama kali maka kemungkinan terjadinya pembuluh darah yang pecah akan sangat besar. Maka dari itu, Anda bisa membantu penderita untuk duduk agar tidak terjatuh lagi. Karena jika salah memindahkan maka bisa menyebabkan risiko besar.

  1. Menusuk Ujung-Ujung Jari Menggunakan Jarum

Menusuk ujung jari dengan jarum juga merupakan penanganan stroke pertama kali yang dapat Anda lakukan. Cara ini sebaiknya dilakukan menggunakan jarum suntik, namun apabila tidak ada jarum suntik maka dapat memakai jarum lainnya misal jarum pentul atau jarum jahit. Ingat, jarum harus dalam keadaan steril.

Titik yang dapat Anda tusuk yaitu sekitar 1 mm dari ujung kuku. Sebaiknya usahakan ada darah yang menetes atau paling tidak satu tetes. Kemudian dalam waktu kurang lebih 10 menit penderita akan sadar.

  1. Menusuk dan Menarik Ujung Telinga

Jika mulut penderita stroke terlihat tidak normal, maka Anda dapat mencoba menarik kedua telinga korban sampai kemerahan. Lalu lakukan tusukan sebanyak dua kali pada telinga bagian ujung bawah menggunakan jarum yang steril. Usahakan ada darah yang mengalir paling tidak dua tetes saja. Kemudian dalam waktu beberapa menit mulut penderita akan normal kembali.

  1. Menghubungi Rekan Medis atau Rumah Sakit Terdekat

Ketika keadaan penderita sudah mulai pulih, maka Anda bisa cepat-cepat mencari pertolongan medis. Penanganan stroke pertama kali yang satu ini penting sekali dilakukan. Sebaiknya bawa penderita ke rumah sakit terdekat guna memperoleh tindakan yang lebih tepat. Anda harus ingat, sebelum 6 jam sejak serangan, penderita harus sudah memperoleh penanganan medis.

Stroke memang menjadi penyakit yang menakutkan bagi semua orang, apalagi bagi mereka yang sudah berusia lanjut. Biasanya penyakit stroke memang menyerang usia lanjut, meskipun mereka yang berusia dewasa juga memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit ini.

Pencegahan Stroke yang Dapat Dilakukan

Agar stroke tidak kembali menyerang, maka perlu dilakukan upaya pencegahan. Upaya pencegahan ini adalah dengan melakukan berbagai pola hidup sehat seperti berikut ini :

  1. Mengonsumsi Sayur dan Buah

Penanganan stroke pertama kali selanjutnya adalah mengonsumsi sayur dan buah. Sayuran serta buah-buahan adalah bahan makanan utama yang wajib dikonsumsi. Sebab nutrisinya diperlukan tubuh untuk menjaga organ agar tetap sehat.

Tidak hanya itu saja, sayur dan buah mengandung kalori yang rendah, sehingga sangat baik untuk diet dan mengurangi kelebihan kolesterol dalam tubuh yang menyebabkan stroke. Usahakan untuk mengonsumsi dua jenis makanan tersebut setiap hari untuk tubuh yang sehat.

  1. Mengurangi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji adalah makanan yang sarat akan lemak dan kolesterol tinggi. Untuk mencegah datangnya stroke maka kurangilah makanan tersebut. Meski rasanya sangat enak namun Anda harus tetap memikirkan kesehatan tubuh Anda.

  1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga merupakan kebutuhan seseorang supaya tubuhnya tetap kuat dan bugar. Olahraga juga bisa membantu melancarkan peredaran darah sehingga penggumpalan darah pada pembuluh bisa dihindari. Olahraga juga akan membantu membakar lemak dan kalori tubuh, sehingga bisa mencegah datangnya stroke.

Info: Suplemen Untuk Membuka Sumbatan Stroke

Olahraga yang bisa Anda lakukan ada banyak sekali, misalnya bersepeda, lari, jogging, renang, gym, dan olahraga lainnya yang dapat membakar lemak dengan baik. Usahakan untuk melakukan olahraga secara teratur, sehingga pencegahan stroke bisa lebih efektif.

Beberapa penanganan stroke pertama kali di atas semoga dapat menjadi panduan Anda untuk menolong penderita yang terserang stroke tiba-tiba. Share jika bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *