Manfaat Kolostrum

Penjelasan Lengkap Manfaat Kolostrum / Colostrum Bagi Manusia

Posted on

Sebagian orang masih asing dengan manfaat kolostrum, bahkan orang banyak yang belum mengerti apa sih yang dimaksud kolostrum itu? Mari kita pelajari bersama ya.

Ternyata kolostrum berasal dari bahasa latin yaitu colostrum, adalah cairan pra-susu yang dihasilkan oleh induk mamalia 0-48 jam setelah melahirkan. Kolostrum susu dihasilkan oleh kelenjar susu dalam tahap akhir sebuah kehamilan dan akan berproduksi sampai beberapa hari setelah kelahiran bayi.

Di dalam Kolostrum (IgG) mengandung banyak karbohidrat, protein, dan antibodi, dan sedikit lemak (yang sulit dicerna bayi). Perlu Anda tahu, bayi belum memiliki sistem kehidupan yang belum sempurna dan oleh karena itu tugas kolostrum adalah mesuplai bayi nutrisi dengan konsentrasi yang tinggi yang kaya dengan  faktor kekebalan (imunitas) dan faktor pertumbuhan yang dikombinasi dengan nutrien zat gizi yang baik

Perbedaan ASI dan Kolostrum
Warna dari kolostrum sedikit lebih kekuningan dibanding dengan ASI (Air Susu Ibu)

Sekarang Apa Manfaat Kolostrum? Yuk Kita Bahas Satu Persatu

Dari uraian diatas kita mulai mengerti bahwa ternyata manfaat kolostrum itu sangat penting bagi kita manusia. Baik dari sejak bayi, anak-anak hingga manusia dewasa

 

Manfaat Kolostrum ASI untuk Bayi

  1. Kolostrum ASI mengandung zat antibodi yang sangat baik untuk melindungi bayi karena infeksi dan alergi.
  2. Kolostrum ASI juga mengandung zat laktatif yang mempermudah bayi saat buang air besar pertama kali yaitu membersihkan meconium.
  3. Sel darah putih dari kolostrum juga dapat melindungi bayi kita dari serangan infeksi.
  4. Kolostrum bermanfaat karena kandungan vitamin A akan membantu mencegah resiko penyakit mata dan infeksi lainnya.
  5. Fungsi dari Kolostrum ASI adalah untuk membersihkan tubuh bayi dari bilirubin (sel darah merah yang mati yang diproduksi ketika kelahiran).

Manfaat Kolostrum untuk Kesehatan

  1. Berfungsi Sebagai Anti Inflamasi atau Anti Peradangan.

Proline-rich polypeptide (PRP) yang terkandung di kolostrum berfungsi mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh berbagai penyakit autoimun serta membantu penyembuhan perbaikan jaringan lunak.

  1. Kolostrum juga dapat Mempercepat Proses Penyembuhan.

Perbaikan jaringan dan proses penyembuhan dapat dengan cepat dibantu adanya kolostrum. Latihan berat dan cedera juga dapat dipulihkan dengan segera dengan adanya kolostrum.

  1. Membantu mengontrol Metabolisme dan Menjaga Berat Badan.

Kandungan leptin dan IGF-1, yaitu dua komponen utama yang berfungsi untuk mengatur metabolisme, mengendalikan nafsu makan, dan mengubah lemak menjadi energi yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Jika dikombinasikan dengan menjalani diet dan olahraga yang tepat, kolostrum dapat membantu Anda dalam mengurangi lemak berlebih dan menjaga berat badan yang ideal

  1. Memiliki fungsi untuk meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Kandungan imunoglobulin A (IgA), imunoglobulin D (IgD), dan imunoglobulin E (IgE) yang terdapat di kolostrum dapat bertindak sebagai antiviral atau antivirus yang alami, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Itulah sebabnya obat Homeopathic dan Naturopathic sering merekomendasikan suplemen kolostrum sapi sebagai alternatif antibiotik.

  1. Dapat Membantu Meredakan Diare.

Kandungan isolat imunoglobulin yang ada di kolostrum diyakini dapat mengobati diare yang disebabkan oleh pantogen yang seringkali tidak dapat diobati dengan antibiotik konvensional.

Manfaat Kolostrum untuk Kecantikan

  1. Berfungsi sebagai Antioksidan dan anti penuaan.

Kolostrum sapi mengandung prekursor glutathione dan antioksidan berfungsi  membersihkan polutan dari kulit dan tubuh Anda dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh tingginya tingkat oksigen reaktif dan stres oksidatif.

Kolostrum juga dapat menangkal radikal bebas (polusi, asap rokok, sinar matahari langsung) sehingga kulit jadi kering, kusam, akhirnya menimbulkan keriput-keriput halus pada muka.

Antioksidan dalam darah mampu meningkatkan pertumbuhan sel – sel baru, sehingga kulit kusam dan kering akibat radikal bebas dapat kembali sehat. Karena antioksida dapat meremajakan sel- sel kulit kembali.

  1. Untuk Detoksifikasi.

Bagi perempuan yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal, sekaligus memelihara kulit agar tetap sehat. Susu kolostrum pilihan yang tepat. Susu kolostrum yang bagus memiliki khasiat untuk melancarakan metabolisme pada tubuh.

  1. Mengurangi Timbulnya Jerawat.

Kandungan antioksidan kolostrum bermanfaat melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme sel, sehingga menghilangkan rangsangan penyebab luka dan memulai setiap proses penyembuhan jaringan. Hal ini membantu kulit untuk mengurangi bahkan menghilangkan jerawat.

  1. Sebagai Masker Wajah.

Sinar ultra violet dan polusi udara diluar rumah akan dapat menyebabkan hilangnya kelembaban wajah kita dan menyebabkan wajah menjadi kotor dan tidak sehat. kolostrum dapat membantu melembabkan, membersihkan wajah, dan membantu menghilangkan noda pada wajah.

One thought on “Penjelasan Lengkap Manfaat Kolostrum / Colostrum Bagi Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *