Belanja Jenis Oleh-Oleh Mudik Lebaran

Tips Memilih dan Belanja Jenis Oleh-Oleh Mudik Lebaran

Posted on

Oleh-oleh mudik lebaran – Momen untuk mudik saat lebaran di kampung halaman, sudah menjadi ritual tahunan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat kita. Lebaran memang ajang silahturahmi dan berkumpul bersama orang tua dan sanak saudara lainnya.

Nah, Anda mau mudik kemana tahun ini?

Hal yang nggak boleh dilewatkan saat menjelang mudik adalah belanja oleh-oleh mudik lebaran. Namun terkadang kita juga bingung, mau membeli apa saja untuk dibawa mudik. Sekarang kita ulas beberapa tips jika ingin belanja oleh-oleh mudik lebaran.

  1. Pastikan Budget dengan Benar.

Belanja oleh-oleh mudik lebaran memang sebetulnya hal yang alamiah saja. Namun terkadang kita bisa saja tidak terkendali dalam hal budget. Mengapa demikian? Karena biasanya kita menjelang lebaran tiba akan menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari tempat kita kerja.

Nah dengan adanya pemasukan dadakan “yang di anggap” besar itu, kita cenderung akan kalap dan lupa mengontrol. Ada baiknya Anda juga membuat perencanaan untuk menyisihkan dana untuk belanja oleh-oleh mudik ini.

Pertimbangan lainnya adalah Anda masih akan membutuhkan biaya untuk perjalanan mudik, akomodasi selama di kampung halaman, jalan-jalan, memberi angpao untuk keponakan dll

Baca: 7 Mindset Jika Sudah Bosan Jadi Karyawan dan Pengen usaha Sendiri

  1. Buat daftar penerima Oleh-oleh mudik.

Tips yang lain saat belanja oleh-oleh mudik lebaran adalah Anda bikin terlebih dahulu daftar orang yang Anda akan berikan oleh-oleh lebaran itu. Misalnya: Mertua, Orang tua, paman, nenek-kakek, tetangga dekat, sahabat lama, saudara yang lainnya.

Ada baiknya Anda juga memberi cadangan untuk beberapa orang yang terkadang kita juga kelupaan. Sehingga pada saat mudik Anda dapat membagikan oleh-oleh mudik Anda kepada orang yang tepat dan tidak terlewat.

  1. Pertimbangkan cara membawanya.

Tips yang lain saat mencari oleh-oleh mudik lebaran adalah pertimbangkan juga cara Anda membawa barang oleh-oleh tersebut. Karena saat  mudik biasanya Anda juga akan membawa serta keluarga yang kemungkinan juga akan membawa banyak perbekalan.

Anda juga perlu memikirkan saat mudik akan mengendarai apa? Mobil pribadi, motor, naik bus, naik kereta ataukah kapal laut? Hal ini bisa jadi pertimbangan oleh-oleh mudik lebaran apa saja yang cocok Anda bawa ke kampung halaman.

  1. Pilihlah produk khas daerah Anda Merantau.

Membawa pulang oleh-oleh lebaran sebaiknya memang produk khas daerah tempat Anda merantau. Karena barang ini akan berkesan bagi si penerima dan ada faktor wow .. karena datangnya dari jauh.

Ada banyak produk yang bisa Anda jadikan buah tangan, misalnya makanan, cemilan, souvenir, kerajinan lokal, kain, perlengkapan ibadah, buah dll. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kesukaan Anda.

  1. Usahakan tidak membelinya dadakan.

Membeli secara dadakan terkadang juga tidak selalu menguntungkan, terutama untuk oleh-oleh mudik lebaran yang biasanya akan naik harganya sesaat menjelang lebaran tiba. Biasanya karena jumlah produksinya terbatas namun peminatnya sangat banyak. Ini membuat harga juga dapat melambung tinggi.

Membeli dadakan juga dapat menyebabkan Anda terjebak untuk membeli barang yang tidak diperlukan dan malah lupa membeli barang yang sedang anda incar. Oleh karenanya sebaiknya rencanakan waktu yang baik agar oleh-oleh yang penting itu tidak tertinggal.

Jenis Oleh-Oleh Mudik Lebaran yang dapat Menjadi Alternatif

  1. Pakaian Baru.

Lebaran memang identik dengan baju baru, jadi oleh-oleh mudik lebaran yang paling masuk akal adalah pakaian baru. Baju baru bisa Anda jadikan buah tangan untuk Anda bagikan ke kerabat, orang tua, famili dan tetangga dekat di sekitar tempat Anda mudik.

Baju ini mungkin bisa juga mereka pakai saat merayakan lebaran nanti. Karena tidak bisa dipungkiri, masih banyak sanak saudara kita yang belum tentu mampu untuk membeli baju baru di kampung. Ini bisa jadi pengobat keinginan mereka menggunakan pakaian baru saat lebaran.

Simak: Ide Souvenir Perpisahan Anak TK

  1. Perlengkapan Ibadah.

Sarung, mukena, kopyah, tasbih, buku ibadah dll juga bisa jadi alternatif oleh-oleh mudik lebaran Anda ke kampung halaman. Perlengkapan ibadah itu akan sangat bermanfaat karena dapat digunakan untuk ibadah saat Idul Fitri tiba.

Tidak perlu mahal, yang penting memberikan kesan yang mendalam bagi penerimanya. Mereka juga akan sangat senang menerima buah tangan itu.

  1. Makanan Kekinian.

Makanan khas dan kekinian juga dapat menjadi buah tangan saat lebaran. Tiap – tiap daerah pasti memiliki makanan khas ataupun makanan kekinian yang dapat Anda bawa mudik saat pulang kampung.

Makanan ini bisa juga menjadi hantaran yang pas saat Anda mengunjungi sanak saudara di desa tempat Anda mudik nanti. Buat mereka yang berada di kampung halaman, tentu sangat senang mencicipi aneka makanan yang bahkan belum pernah mereka temui sebelumnya.

Aksesoris juga merupakan jenis oleh-oleh Mudik Lebaran yang pas Anda bawa untuk dibagikan pada orang-orang penting dalam hidup Anda. Misalnya: Jam tangan, Kalung, gelang, Bros, hiasan dinding, pajangan lemari, gantungan kunci dll

Aksesoris tersebut memang bisa Anda pilih hanya untuk diberikan kepada orang-orang tertentu saat mudik, karena memang barangnya sangat spesial dan terkadang harganya bisa membutuhkan kocek yang dalam.

  1. Peralatan Rumah Tangga.

Para perantau yang berasal dari desa, ketika balik ke tempat kelahirannya bisa juga membawa peralatan rumah tangga. Karena banrang-barang itu mudah ditemukan di kota namun belum tentu ada di desa.

Peralatan masak, peralatan bikin kue, alat untuk membersihkan rumah dll bisa jadi alternatif bawaan yang unik. Alat-alat ini memang fungsional dan bisa membantu memudahkan pekerjaan orang-orang di temapt kelahiran Anda.

Tips memilih dan belanja jenis oleh-oleh mudik lebaran memang bisa berbagai macam, namun Anda perlu juga menyesuaikan dengan selera Anda saja. Karena jangan sampai oleh oleh itu malah jadi barang yang merepotkan dan membuat perjalanan mudik Anda jadi kacau.

Menurut Anda apa yang akan Anda bawa untuk mudik nanti? Komen di bawah ya.. siapa tau jadi inspirasi buat yang lain …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *